AGUSTINARIA

Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar
WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 27 Mei 2023

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL, TINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

 


Dunia pendidikan saat ini menghadapi tantangan yang besar. Di mana karakter dan kebutuhan siswa sekarang sangat berbeda dengan siswa di era-era sebelumnya. Salah satu karakter siswa abad 21 yang menonjol adalah siswa sangat antusias dengan hal-hal berbau digital dan teknologi.

 

Sebagai guru yang mendidik dan mengajar generasi ini, tentu saja harus selalu meningkatkan kompetensi sehingga tidak ketinggalan zaman dan mampu menjawab kebutuhan siswa. Standar kompetensi guru seperti sudah dituangkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, ada 4 kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

 

Dalam salah satu indikator kompetensi profesional guru hendaknya mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran untuk menjawab tantangan zaman. Hal ini sangat sesuai dengan kompetensi guru abad 21 yaitu memiliki keterampilan dan literasi digital yang baik.  Dengan kata lain kompetensi guru dari waktu ke waktu harus selalu di-upgrade supaya dapat mengikuti perkembangan zaman.

 

Upaya yang penulis dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya adalah dengan mengikuti workshop pendidikan. Salah satunya adalah workshop yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang yang bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang. Workshop ini bertemakan Wisata Digital Guru dengan judul Pembuatan Media Pembelajaran Digital untuk Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Workshop dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 20 Mei 2023 (in), 27 Mei 2023 (on), dan 3 Juni 2023 (in). Hari pertama bertempat di Taman Teratai Indah Kota Singkawang yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Adapun narasumber terdiri dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Dewan Pendidikan Kota Singkawang dan Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang.

 

Peserta kegiatan ini terdiri dari kepala sekolah dan guru dari tingkat SD/MI, SMP/Mts, dan SMA/SMK/MA. Penulis sangat bersyukur karena mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan workshop ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Banyak informasi dan ilmu yang tidak bisa didapatkan di bangku kuliah. Namun bisa diperoleh melalui kegiatan pelatihan ini. Penulis menjadi tahu cara membuat blog dan membuat game melalui aplikasi wordwall. Materi, informasi dan ilmu baru yang sangat bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok sebagai pendidik. Dengan pengetahuan yang diperoleh tersebut telah meningkatkan kemampuan/ kompetensi guru sebagai pendidik. Dengan meningkatnya kompetensi guru, berarti ada peningkatan kemampuan dalam berinovasi. Terutama dalam mendesain pembelajaran yang efektif dan menarik tentunya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi semakin baik. Sehingga diharapkan mutu pendidikan jadi meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar